Senin, 09 November 2009

PSIKOLOGI PEMBELAJARAN

Diposting oleh little cat di 07.00
DEFINISI
• Cronbach, 1954
Perubahan ang relatif permanen dalam suatu kecenderungan tingkah laku sebagai hasil dari praktek atau latihan.
Belajar ditunjukkan melalui perubahan perilaku yang merupakan hasil dari pengalaman.

• Spears, 1995
Learning is to observe, to read, to imitate, to try somthing themselves, to listen, to follow direction.

disimpulkan:
 belajar membawa perubahan (perilaku, aktual, potensial)
 perubahan - perubahan ada pokoknya didapatkan kecakapan - kecakapan baru
 perubahan itu terjadi karena usaha
 kemampuan itu berlaku untuk waktu yang relatif lama.

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
 factor eksternal
• non social
missal : keadaan udara, cuaca, waktu, alat yang dipakai untuk belajar, letak tempat belajar.
• Social
Factor manusia
 Factor internal
• Fisiologis
- Keadaan tonus jasmani, nutrisi, penyakit
- Keadaan fungsi – fungsi fisiologis tertentu terutama fungsi – fungsi panca indra.
• Psikologis
- Sifat ingin tahu
- Sifat kreatif
- Ingin mendapatkan simpati dari orang lain
- Ingin memperbaiki kegagalan
- Ingin mendapatkan rasa aman bila menguasai materi, adanya ganjaran atau hukuman ( franden : 1961)

JENIS – JENIS BELAJAR
 Signal learning ( belajar dengan tanda )
 Stimulus – respon learning
 Chain learning ( belajar rangkaian atau menghubungkan )
 Verbal assosiative learning ( menghubungkan objek dengan namanya )
 Concept learning
 Problem solving learning

0 komentar:

 

just read it Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting