DEFINISI
• Cronbach, 1954
Perubahan ang relatif permanen dalam suatu kecenderungan tingkah laku sebagai hasil dari praktek atau latihan.
Belajar ditunjukkan melalui perubahan perilaku yang merupakan hasil dari pengalaman.
• Spears, 1995
Learning is to observe, to read, to imitate, to try somthing themselves, to listen, to follow direction.
disimpulkan:
belajar membawa perubahan (perilaku, aktual, potensial)
perubahan - perubahan ada pokoknya didapatkan kecakapan - kecakapan baru
perubahan itu terjadi karena usaha
kemampuan itu berlaku untuk waktu yang relatif lama.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
factor eksternal
• non social
missal : keadaan udara, cuaca, waktu, alat yang dipakai untuk belajar, letak tempat belajar.
• Social
Factor manusia
Factor internal
• Fisiologis
- Keadaan tonus jasmani, nutrisi, penyakit
- Keadaan fungsi – fungsi fisiologis tertentu terutama fungsi – fungsi panca indra.
• Psikologis
- Sifat ingin tahu
- Sifat kreatif
- Ingin mendapatkan simpati dari orang lain
- Ingin memperbaiki kegagalan
- Ingin mendapatkan rasa aman bila menguasai materi, adanya ganjaran atau hukuman ( franden : 1961)
JENIS – JENIS BELAJAR
Signal learning ( belajar dengan tanda )
Stimulus – respon learning
Chain learning ( belajar rangkaian atau menghubungkan )
Verbal assosiative learning ( menghubungkan objek dengan namanya )
Concept learning
Problem solving learning
Senin, 09 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

0 komentar:
Posting Komentar